LABORATORIUM PERHOTELAN NAKULA SADEWA

PROFIL

LABORATORIUM PERHOTELAN NAKULA SADEWA

PROGRAM STUDI DIII USAHA PERJALANAN WISATA

JURUSAN ILMU ADMINISTRASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

 

 

Laboratorium Perhotelan Nakula Sadewa adalah sebuah wadah pengembangan riset, kajian, analisis, pengabdian masyarakat dan pengembangan kurikulum usaha perjalanan wisata khususnya peminatan perhotelan serta menjadi wadah untuk menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta serta institusi sosial, perorangan maupun kelompok dalam rangka mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi menuju Indonesia yang lebih tangguh, humanis dan sejahtera.

 

VISI

Menjadi pusat kegiatan akademikdi bidang Perhotelan berbasis pengembangan penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan kurikulum Usaha Perjalanan Wisata melalui kajian-kajian Perhotelan.

 

MISI

  1. Mengembangkan penelitian sehingga mampu memecahkan masalah-masalah bagi masyarakat.
  2. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat sehingga bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Mengembangkan kajian-kajian di bidang perhotelan.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta serta institusi sosial baik perorangan maupun kelompok.

 

 

TUJUAN

Tujuan umum Laboratorium Perhotelan Nakula Sadewa adalah menjadi wadah dalam mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi demi tercapainya peningkatan/penguatan kualitas akademis-praktis dan kompetensi lulusan DIII Usaha Perjalanan Wisata yang dirinci dalam tujuan khusus antara lain:

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang Perhotelan.
  2. Mengembangkan rumpun penelitian berbasis peminatan perhotelan.
  3. Membudayakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Perhotelan melalui seminar, dialog publik, praktikum lapangan, kolokium dan diseminasi hasil penelitian/pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menyediakan fasilitas dalam rangka mendorong kreativitas, inovasi dan produktivitas dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai kesempatan yang disponsori oleh berbagai pihak.
  5. Membentuk kelompok-kelompok kajian yang dikoordinasikan oleh kepala laboratorium khususnya di bidang perhotelan.
  6. Membangun kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta baik perorangan maupun kelompok dalam usaha mewujudkan Indonesia yang lebih tangguh, humanis dan mandiri.
  7. Meningkatkan fungsi Laboratorium Perhotelan sebagai media dan sarana komunikasi ilmiah dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang interaktif dengan komunitas masyarakat sesuai dengan perkembangan isu-isu terbaru.

 

STRATEGI

  1. Membuat rencana kerja Laboratorium perhotelan secara sistematis dan terpadu yang melibatkan seluruh dosen Program Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata.
  2. Menyusun dan mengembangkan rencana induk (Roadmap) penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai dasar implementasi penelitian di bidang peminatan Perhotelan.
  3. Mengadakan pelatihan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta penulisan karya ilmiah di lingkungan Program Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata.
  4. Mengadakan seminar, diskusi panel, workshop dan sejenisnya yang berkaitan dengan isu-isu nasional dan global.
  5. Memfasilitasi berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan kurikulum oleh kelompok-kelompok diskusi berkenaan dengan isu-isu baru terutama yang berkaitan dengan bidang peminatan Perhotelan.
  6. Memfasilitasi media informasi dan komunikasi dalam bentuk jurnal Pariwisata dan prosiding abstrak penelitian.
  7. Menjaring dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta baik perorangan maupun kelompok.