Pelatihan Reservasi Airline dari PT. Garuda Indonesia

Sekali lagi, di tahun 2020 atau memasuki tahun ke-3 ini, sebanyak 46 mahasiswa pada Program Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata, FISIP, Universitas Jember mendapatkan pelatihan Reservasi Airline. Kegiatan pelatihan dalam era New Normal ini, dilakukan secara daring oleh Ibu Evy Amalinda, sebagai narasumber dalam pelatihan ini. Sebagai Ticketing Supervisor pada PT. Garuda Indonesia, Surabaya BO, sejak tahun 2018 sampai sekarang, Ibu Evy Amalinda menyampaikan beberapa materi penting terkait dengan Reservation & Ticketing.

Kegiatan pelatihan Resevasi E-ticketing dibuka secara resmi oleh Koordinator Program Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata, FISIP, Universitas Jember, Dr. Dinas Suryawati, S.Sos., M.Ap. Dalam sambutannya menenkankan peran mahasiswa dalam meningkatkan kualitas keterampilannya, sebagai bekal kehidupan di masyarakat. Pelatihan ini akan memberikan bekal terhadap kualitas mahasiswa dalam keterampilan dibidang E-ticketing.

Sebagai narasumber pertama, yaitu Bapak Benito Reyhan Utomo Kusuma sebagai Supervisor Marketing PT. Garuda Indonesia, Surabaya BO. Bapak Benito yang sudah berpengalaman banyak sebagai Sales & Marketing Executive PT. Garuda Indonesia Branch Office Kupang sejak tahun 2015, menyampaikan beberapa hal khususnya produk-produk garuda serta berbagai pelayanannya, khususnya di era New Normal.

Sebagai narasumber ke-2, yaitu Ibu Evy Amalinda, SE., memaparkan materi tentang Reservation and Ticketing di PT. Garuda Indonesia. Materi yang disampaikan terkait dengan pengertian reservasi, fasilitas yang dipesan, istilah-istilah dalam penerbangan, singkatan tiga huruf, alfabet fonetik sampai dengan praktik masuk dalam sistem Altea milik PT. Garuda Indonesia. Kegiatan pelatihan yang dimulai pukul 09.00 wib, berakhir pada pukul 15.00 wib.

Pada hari ke-2, kegiatan pelatihan Reservasi dilakukan dengan melanjutkan materi dari Ibu Evy Amalinda sampai Ishoma. Kemudian materi dilanjutkan oleh Ibu Nindy terkait dengan Cargo pada PT. Garuda Indonesia. Ibu Nindy menyampaikan berbagai informasi terkait dengan berbagai produk cargo, jasa-jasa cargo dan model pemasarannya. Pada sesi berikutnya, dilanjutkan kembali dengan sesi praktik reservasi tiket pada sistem Altea yang diikuti oleh seluruh mahasiswa.

Tujuan pelatihan Reservasi Airlines ini diharapkan para mahasiswa dapat memahami teknik pemesanan tiket pesawat dengan sistem Altea. Kegiatan ini diharapkan akan terus dilakukan oleh DIII Usaha Perjalanan Wisata, FISIP, Universitas Jember, dengan bekerjasama PT. Garuda Indonesia, Surabaya BO, dalam memberikan pelatihan reservasi tiket pesawat.