Pembekalan magang

Program Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata, FISIP, Universitas Jember telah mengadakan kegiatan Pembekalan Magang bagi para mahasiswa pada angkatan 2018 dan 2019. Dengan fokus pada pemberian informasi awal terkait dengan rencana kegiatan magang yang akan dilakukan pada awal tahun 2021. Kegiatan yang dilakukan pada Hari Rabu, 14 Oktober 2020, memberikan wawasan terhadap berbagai aspek yang perlu dipersiapkan untuk proses magang.

Salah satu aspek penting yaitu menentukan lokasi atau tempat perusahaan magang. Dengan kondisi yang masih dalam masa pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata atau industri yang terkait dengan pariwisata, mengalami keterbatasan operasional atau vakum untuk sementara waktu. Kondisi tersebut menyulitkan mahasiswa untuk mencari tempat magang sesuai dengan keinginan.

Aspek penting yang lain adalah kesiapan mental para mahasiswa untuk merasakan kehidupan bekerja di perusahaan. Dengan tingkat kedisiplinan dan SOP yang melandasi dalam pekerjaan, diharapkan para mahasiswa mampu mengikuti ritme kerja di perusahaan dengan baik. Disamping itu, diperlukan komitmen tinggi bagi para mahasiswa untuk mengamalkan keilmuan serta semangat mendapatkan pengalaman dan pembelajaran secara langsung.